riko

riko

Kamis, 25 Juni 2009

Aplikasi Pemrograman Robotika

Pemrograman Mikrokontroler dan Aplikasinya Dalam Robotika

| January 5, 2009

Selama kuartal pertama 2009, NEXT SYSTEM Robotics Learning Center (NSRLC) akan menyelenggarakan beberapa kloter pelatihan Pemrograman Mikrokontroler dan Aplikasinya Dalam Robotika, dengan pilihan mikrokontroler: MCS51, AVR, PIC dan BASIC Stamp; serta pilihan bahasa pemrograman: BASIC, Pascal dan C.

Pelatihan mengedepankan aspek learning by doing yang dikemas dalam konsep pembelajaran tematik, sehingga peserta akan mendapatkan pengalaman belajar yang mengesankan.

Kelas dilangsungkan secara privat intensif selama 3 (tiga) hari, dengan maksimum 3 (tiga) peserta per kelas untuk menjamin kualitas pembelajaran.

Kelas pelatihan ini layak diikuti oleh mereka yang ingin menguasai pemrograman mikrokontroler serta penerapannya dalam robotika.

NSRLC juga menyelenggarakan pelatihan untuk trainer – training for the trainer untuk topik yang sama.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kelas pelatihan ini, silahkan menghubungi:

NEXT SYSTEM
Robotics Learning Center
ITC Kosambi F2
Jl. Baranang Siang 6-8
Bandung 40112
Tel. (022) 4222062
Email: info@nextsys.web.id

Motor DC dan Gearbox

| December 22, 2008

713_108Dalam membangun sebuah mobile robot, biasanya kita terkendala dengan chassis dan motor, terutama bila menggunakan motor DC. Bila menggunakan motor servo (continuous servo), karena bentuk fisiknya kotak, maka cukup mudah untuk menempatkannya pada chassis. Namun, motor servo umumnya memiliki kecepatan yang rendah, yakni sekitar 60 rpm saja.

Motor DC kebanyakan memiliki bentuk fisik bulat, sehingga tidak mudah untuk memasangnya pada chassis. Kecepatan putarnya (RPM) tinggi, namun torsinya rendah sehingga perlu dilengkapi dengan gearbox. Nah, menambahkan gearbox adalah masalah yang lain lagi, mengingat tidak mudah untuk mendapatkan gearbox yang sesuai dengan motor yang kita gunakan. Terkadang, persoalan yang satu ini sangat menguras waktu, tenaga dan pikiran.

NEXT SYSTEM Robotics Learning Center menawarkan cara mudah menggunakan motor DC, dengan menyediakan sejumlah produk motor DC yang sudah dilengkapi dengan gearbox, serta mudah dalam pemasangannya.

Pada gambar di atas, motor DC dengan sejumlah gear metal, dan sudah dilengkapi dengan roda acrylic ber-diameter 7 cm. Ukurannya kecil, beroperasi pada tegangan 5 VDC, dan mampu memberikan kecepatan hingga 250 rpm dengan torsi sekitar 700 gf.cm. Pada fisiknya terdapat bagian yang datar sehingga dapat dipasangkan pada chassis dengan cukup mudah.

0j2546000j258600

Pada gambar di atas adalah motor DC yang telah dilengkapi dengan gearbox, masing-masing single dan double gearbox. Kombinasi gear ratio dapat memberikan kecepatan maksimum hingga 1.040 rpm (efisiensi maksimum, torsi ~ 40 gf.cm) dan torsi maksimum hingga 2,3 kgf.cm (kecepatan ~35 rpm) pada tegangan kerja 3 VDC.

Paket terpadu ini sangat mudah dipasangkan pada chassis yang rata. Sangat ideal untuk pembelajaran mobile robot, termasuk aplikasi Line Following Robot.

Dengan demikian, chassis dan motor bukan lagi kendala untuk memulai “ngoprek” robotik, terutama mobile robot. Mulailah sebuah langkah kecil hari ini – start small, start now – untuk sebuah hasil yang luar biasa di esok hari :)

Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk single dan double gearbox motor dc di atas, konsultasi mengenai pembelajaran robotik di sekolah, serta pelatihan membuat mobile robot, silahkan menghubungi kami:

NEXT SYSTEM
Robotics Learning Center
ITC Kosambi F2
Jl. Baranang Siang 6-8
Bandung 40112
Tel. (022) 4222062, 70775874

Email: info@nextsys.web.id

Robot Line Following

| October 11, 2008

robotedukasi2Robot Line Following atau Robot Line Tracer adalah satu diantara sekian banyak robot untuk pendidikan yang dikembangkan oleh NEXT SYSTEM Robotics Learning Center, yang dapat digunakan untuk pembelajaran dan partisipasi dalam kompetisi line tracing atau line following.

Robot menggunakan dua buah mikrokontroler, satu untuk pengendali pusat (mikrokontroler AVR atau PIC), dan yang kedua untuk pengendali motor (mikrokontroler MCS51). Selama robot bergerak, pengendali pusat akan membaca informasi sensor, kemudian mengirimkan perintah pergerakan yang sesuai kepada pengendali motor. Setelah perintah dikirimkan, pengendali pusat bisa mengerjakan tugas lainnya.

Modul sensor cahaya yang terpasang menggunakan LDR, namun dapat digantikan dengan modul sensor lain yang terdiri dari pasangan IR LED dan Phototransistor, atau modul sensor cahaya lainnya. Penggantian modul sensor ini sangat mudah karena mainboard menyediakan sejumlah port terbuka.

Robot menggunakan gearbox yang dapat memberikan torsi yang cukup untuk memutar roda robot hingga lebih dari 100 rpm dengan kondisi beban penuh (termasuk beban batere).

Robot Line Following memberikan kesempatan yang luas dan terbuka untuk penerapan berbagai teknik dan metoda, agar robot dapat bergerak dengan mulus dan cepat pada lintasan yang disediakan.

Robot Line Following dapat diprogram dengan Bahasa Assembly, Bahasa C, Bahasa BASIC dan Bahasa Pascal.

Modul yang digunakan merupakan modul terbuka, yang dapat dikembangkan dengan leluasa untuk berbagai aplikasi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Robot Line Following / Line Follower, cara membuat dan kelas pembelajaran terkait, silahkan menghubungi kami:

NEXT SYSTEM
Robotics Learning Center
ITC Kosambi F2
Jl. Baranang Siang 6-8
Bandung 40112
Tel. (022) 4222062

Email: info@nextsys.web.id

1 komentar:

  1. nice info gan. tambahan biar lebih hajib nih http://robotika.blog.gunadarma.ac.id

    BalasHapus