riko

riko

Minggu, 27 Februari 2011

HUBUNGAN DELTA-WYE DAN WYE-DELTA

Hubungan Bintang-Delta (Y-Δ)

Sebagian besar jenis hubungan ini digunakan pada sisi terima saluran transmisi dimana tegangan mulai diturunkan. Lilitan primer adalah dengan hubungan bintang (Y) dengan netral ditanahkan. Sementara lilitan sekunder adalah hubungan delta (Δ), seperti pada gambar 9.

Gambar 9 : Hubungan Bintang – Delta Trafo 3-Fasa

Rasio antara sekunder dan primer tegangan fasa-fasa adalah 1/√3 kali rasio setiap trafo. Terjadi sudut 30° antara tegangan fasa-fasa antara primer dan sekunder yang berarti bahwa trafo Y-Δ tidak bisa diparalelkan dengan trafo Y-Y atau trafo Δ-Δ. Dan juga, ketiga harmonisa arus yang mengalir pada Δ dapat menimbulkan suatu fluks sinusoidal.

Transformator hubungan segitiga-bintang (delta-wye)

Pada hubungan segitiga-bintang (delta-wye), tegangan yang melalui setiap lilitan primer adalah sama dengan tegangan line masukan. Tegangan saluran keluaran adalah sama dengan 1,73 kali tegangan sekunder yang melalui setiap transformator. Arus line pada phasa A, B dan C adalah 1,73 kali arus pada lilitan sekunder. Arus line pada fasa 1, 2 dan 3 adalah sama dengan arus pada lilitan sekunder.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjnyXElL9f53XIfiuEBuN2ZPYjypTp3Fcm4f5PYNgh-yVzgUEFQT-iHuUHaE0Pw5FwYV7R9xlrVa9jarTEAQCBLlhvHudxtwSLBfW7h1twe4WcUsZh2Uole31wX1jmHpciGabLbievfVLo/s320/hubungan+delta-wye.jpg
Gambar 6. Hubungan Segitiga-Bintang (Delta-wye)

Hubungan delta-bintang menghasilkan beda fasa 30° antara tegangan saluran masukan dan saluran transmisi keluaran. Maka dari itu, tegangan line keluaran E12 adalah 30° mendahului tegangan line masukan EAB, seperti dapat dilihat dari diagram phasor. Jika saluran keluaran memasuki kelompok beban terisolasi, beda fasanya tidak masalah. Tetapi jika saluran dihubungkan paralel dengan saluran masukan dengan sumber lain, beda phasa 30° mungkin akan membuat hubungan paralel tidak memungkinkan, sekalipun jika saluran tegangannya sebaliknya identik.

2 komentar:

  1. kurang lengkap bro informasinya -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke ntar di lengkapi
      thanks atas sarannya..

      Hapus